NEWS

Real Madrid lawan Atletico Madrid di Piala Super Spanyol berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain imbang di waktu normal.

Pada babak pertama, Real Madrid lebih dominan dalam penguasaan bola dan penciptaan peluang. Luka Modric dan Ferland Mendy memiliki peluang bagus untuk mencetak gol namun Jan Oblak dengan sigap mengamankan gawang. Sementara sundulan Casemiro di akhir babak pertama hanya melenceng tipis di atas gawang.

Dari kubu Atletico, peluang terbaik di babak pertama dimiliki Alvaro Morata dan Joao FeliX. Kedua striker ini punya ruang tembak yang cukup terbuka namun tendangan keduanya melenceng di sisi kanan gawang.

Skor imbang di babak pertama membuat permainan terbuka tetap tersaji di babak kedua. Pada menit ke-50, Luka Jovic berhasil mengelabui lini pertahanan Atletico dan melepaskan tendangan kaki kiri.

Jan Oblak gagal menjangkau bola tersebut namun bola masih melebar di sisi kiri gawang.

Madrid dan Atletico sama-sama bergerak melakukan pergantian pemain. Atletico memasukkan Vitolo sedangkan Madrid memutuskan memainkan Rodrygo.

Pada 20 menit awal babak kedua, Madrid lebih dominan dalam penguasaan bola dan sering menekan Atletico. Di menit ke-67, Madrid membuang peluang emas untuk mencetak gol.

Federico Valverde yang ada di depan gawang menyundul bola di ruang terbuka. Namun bola sundulan Valverde malah mengenai paha dan melenceng keluar.

Dua menit berselang, giliran Atletico yang membuang peluang. Vitolo yang berdiri bebas gagal mengeksekusi bola dengan tepat. Bola melambung di atas gawang.

Pada menit ke-80, Morata gagal memanfaatkan peluang emas saat ia berhadapan satu lawan satu dengan Courtois. Keputusan Morata mengarahkan bola ke tiang dekat membuat Courtois bisa membendung bola keluar lapangan.

Pada menit ke-89, Mariano Diaz yang baru masuk ke lapangan menyundul bola tetapi sundulannya masih jauh dari sasaran.

Di masa injury time, Rodrygo mendapat bola dalam posisi terbuka di kotak penalti. Tetapi tendangan keras Rodrygo bisa dibaca dengan baik oleh Jan Oblak.

Thomas Lemar memiliki peluang terakhir lewat tendangan bebas tetapi Courtois yang sempat berada di posisi salah mampu membendung tembakan tersebut.

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Real Madrid harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-116 usai Valverde mendapat kartu merah langsung akibat melanggar Morata yang lolos dan berpeluang mencetak gol.

Di sisa laga, Atletico mencoba menggempur pertahanan Real Madrid. Namun tak ada gol yang tercipta hingga peluit panjang berbunyi. Pemenang laga ini pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Real Madrid terlihat lebih siap menghadapi babak adu penalti ini. Empat penendang Los Blancos sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna, sedangkan dua penendang awal Atletico, Saul Niguez dan Thomas Partey menemui kegagalan. Real Madrid pun berhak keluar sebagai pemenang dengan keunggulan 4-1.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-2-1)

Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos; Luka Modric, Isco (Rodrygo 60); Luka Jovic (Mariano Diaz 83)

Atletico Madrid (4-4-2)

Jan Oblak; Kieran Trippier, Felipe, Jose Gimenez, Renan Lodi (Marcos Llorente 89); Angel Correa, Hector Herrera (Vitolo 56), Thomas, Saul Niguez; Alvaro Morata, Joao Felix